yang masih dilema sama knalpot racing, monggo dibaca artikel ini !

gue, @ninja 2009 pake knalpot aftermarket

gue, @ninja 2009 pake knalpot aftermarket

emang dilema banget kalau pake knalpot racing. udah motor ditambahin ini itu apalagi udah bore up, itu wajib ganti knalpot dari yang standar ke tipe racing. tapi di suatu sisi “yah gimana nih motor gue, mau ganti knalpot tapi takut ditilang pak polisi” xixixixi tenang aja mas bro, sebenernya aturan yang melarang penggunaan knalpot racing ini masih belum jelas kok.

selengkapnya bisa dibaca di tweetnya @lantas_polresta yang berhasil dihimpun redaksi :

Tempo hari ada beberapa pertanyaan terkait dengan penilangan terhadap pemotor yang menggunakan knalpot racing oleh jajaran Polres Bantul. Oleh karena itu ijinkan kami sedikit mengulas tentang hal ini agar kita semua bisa sedikit memahami permasalahan serta dilema yang muncul terhadap penindakan knalpot yang bersuara bising ini.

  1. Ketika kita membicarakan knalpot, maka bahasan kita adalah tentang bentuk, emisi gas buang, serta kebisingan suara yang dihasilkan.
  2. Dalam keseharian kita, yg sering menjadi bahan pertanyaan tentang knalpot ini adalah tentang emisi gas serta kebisingan yang dihasilkan.
  3. Dalam UU No. 22 Tahun 2009 ambang batas emisi gas buang dan kebisingan ranmor diatur dalam pasal Pasal 48 Ayat 3 huru a dan b.
  4. Pelanggaran terhadap emisi gas buang dan kebisingan suara knalpot pada kendaraan bermotor bisa dijerat dengan pasal 285 ayat 1 UULAJ.
  5. Kami kali ini akan secara spesifik membahas tentang kebisingan suara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan bermotor.
  6. Dalam UU No. 22 Th 2009 tdk disebutkan dgn jelas batasan ambang kebisingan knalpot, pasal 48 (3) (b) hanya disebutkan “kebisingan suara”.
  7. Kemudian dalam PP No. 55 Tahun 2012 pasal 66 ayat 1,2,3 dan 4 disebutkan bahwa ambang batas kebisingan suara ditetapkan oleh menteri lingkungan hidup dengan berkoordinasi dengan menteri yang membawahi bidang lalu lintas dan angkutan jalan.
  8. Proses pengujian kelayakan ranmor ini tertuang dalam pasal 125 ayat 1, 2 dan 3 PP No. 55 Tahun 2012.
  9. Peraturan menteri LH No.7 Tahun 2009 selanjutnya menjelaskan secara rinci mengenai ambang batas kebisingan berikut cara mengukurnya.
  10. Permasalahan yang kemudian dihadapi ketika Polisi dituntut untuk melakukan penindakan terhadap knalpot berisik ini adalah peraturan yang ada belum secara pasti/spesifik mengatur batasan kebisingan suara knalpot, sehingga masih terkesan ambigu.
  11. Permasalahan selanjutnya adalah belum tersedianya decibel meter sebagai alat pengukur kebisingan pada petugas di lapangan, sehingga hanya dalam menganalisa tingkat kebisingan hanya mengandalkan telinga petugas.
  12. Hal ini akan sangat bertolak belakang dengan kepastian hukum, dimana peraturan harus dibuat secara pasti dan logis, sehinga tidak menimbulkan multi tafsir ( keragu-raguan) dalam pelaksanaannya.
  13. Oleh karena itu jajaran Sat Lantas Polresta hingga saat ini belum melakukan penilangan terhadap pemotor yang menggunakan knalpot bising.
  14. Penindakan yg dilakukan jajaran kami hanya sebatas shock therapy dengan meminta pemilik motor mengganti knalpot dengan knalpot standard.
  15. Penindakan inipun juga ketika dalam situasi-situasi tertentu, misalnya ketika ada arak-arakan kampanye, supporter sepak bola, dll.
  16. Harapan kami agar para pemobil/pemotor bisa lebih peka dengan kepentingan sesama, dengan tidak memasang knalpot dengan suara yang sangat nyaring, lebih ke soal etika saja dalam hal ini.🙂

Mungkin demikian sedikit ulasan kami tentang knalpot berisik, semoga bisa memberikan sedikit gambaran tentang permasalahan tersebut. Trims.

kalau mau liat chirpstorynya klik ini.

nah sudah jelas kan ? jadi yang mau ganti knalpot ke tipe racing ya silahkan saja, ga ada yang larang kok. tapi yaaa kalau bisa dikasih DB kiler aja bro sama cari knalpot yang merdu. dan jangan ganti knalpot kaya yang pendek terus karatan gitu hiiiiiiii. nah yang ga setuju dengan penggunaan knalpot racing ga usah ngeledek ledek yang make yaeeeee, soalnya aye sendiri mau ganti racing nih, body nambah berat ditambah knalpot STD jujur si R15 kalah sama matic 110cc haha.

CaptureNux 2012-12-11 14 32 37

Update :

4. kentadis – 11/12/2012

sedikit cerita nyata saya waktu debat sm polisi tentang knalpot

http://kentadis.wordpress.com/2012/06/01/wtf-hampir-kena-tilang-gara-gara-knalpot-free-flow/

Tentang vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐,

penyuara opini
Pos ini dipublikasikan di experience, modifikasi motor, tips dan tag , , . Tandai permalink.

49 Balasan ke yang masih dilema sama knalpot racing, monggo dibaca artikel ini !

  1. Aa Ikhwan berkata:

    ajib dah,..bruuummm….:mrgreen:

  2. Aa Ikhwan berkata:

    artkel pembenaran knalpot racing nih:mrgreen: #ane jg pake

  3. bagas29ps berkata:

    aku muter-muter kebumen kok ga ketemu yah knalpot racing yg ada dbkillernya buat vixion.
    Kalau AHRS F4 udah ada dbkillernya belum sih?

  4. Pake knalpot plumpung ae dijamin suara kayak bledek ngampar : D tapi makenya ditengah hutan jadi gak ganggu telinga orang tidur

  5. ManManMan berkata:

    knalpot racing yang merdu,akraprovic doong ,dikit tambahin tok,penggantian knalpot racing tidak hanya langsung pasang tetapi harus disesuaikan dengan si mesin motornya karena setingan knalpot standar dan knalpot racing berbeda,untuk karbu bisa setting karbu dan ganti pj/mj-nya kalo injeksi pasang piggyback atau stand alone ecu agar tenaga yang dipunya si knalpot racing sempurna keluar …..cmiiw

  6. warung DOHC berkata:

    paijo cukup templokin termos ori fu di colek dikit , brummm ngebas garing :mrgreen:

  7. dona berkata:

    dari fotonya kyk sruntulan.. moga2 engga.. xixixi

  8. andhika berkata:

    Sampai detik ini, tidak pernah ketemu knalpot racing merdu/halus.

    Kebiasaan saat ini, tidak ada toleransi di jalan:
    – knalpot brisik
    – merokok sambil mengendarai motor
    – spatbor belakang potong pendek (klo hujan)
    – yang cc besar suka menyuruh motor lain minggir dengan bleyer2 gas
    – Klub motor (taulah kelakuan mereka)

  9. vibiprimantono berkata:

    wah ane mau bli R9 new mugello bwat vixion, jadi mikir2 ni,
    ada DB killernya g tu new mugello?

  10. Novada Indra R berkata:

    knalpot yang cocok buat CB150r apa ya ?

  11. Lukmanul Hakim berkata:

    Di kota ane gk ditilang, cuma shock teraphy,, knalpot disuruh copot,, pulang sambil dorong tu motor deh atau paling minimal sampai nemu bengkel terdekat,,,

    • Berarti tergantung kebijakan dan wilayah hukum polisi masing2 kota yak

      • Lukmanul Hakim berkata:

        Tambahan: Knalpot yg diberikan Shock Teraphy (Disuruh copot ditempat tanpa sita tanpa tilang) adalah Knalpot-Knalpot tanpa DB Killer yg biasanya pendek-pendek Silencernya dan Handmade (ada juga yg pabrikan) dan juga knalpot bobokan (banyak yg pikir knalpot ori yg dibobok aman, tp telinga gk bisa bohong).

        Sedangkan Knalpot yg pakai DB Killer maka gk dikasih sangsi apa-apa, tanpa sita, tanpa tilang, tanpa disuruh copot.

        Bahkan banyak teman-teman Rider ane yg cerita bahwa mereka berkali-kali lolos saat razia resmi (yg biasa dilakukan dihalaman samsat atau halaman polsek/polres/pos plisi), dan gk pernah disuruh stop oleh polisi yg ada di jalan, karena mereka pakai DB Killer.

        Bahkan Polisi yg punya knowledge bagus dia udh bisa bedain suara knalpot yg pake DB Killer atau gk, dan terkadang juga berpatokan pada merk, misal R9, NOB1 mereka lolosin (setelah diperiksa pakah pakai DB Killer atau tidak atau dari suara).

        Karna memang cukup signifkan bedanya suara knalpot dengan dan tanpa DB Killer, bahkan saat stasioner sekalipun, apalagi saat dipake jalan bahkan 20 kmpj sekali pun udh ketauan bedanya.

        NB: Tidak berlaku pada Polisi yg “nyari duit”

        Tapi umumnya jika kita debat pasti polisi yg nyari duit bakal kalah debat,, kuncinya adalah DB Killer,,, jika pun apes kena tilang maka ambil surat tilangnya aja dan bayar secara resmi (dan sebenarnya surat tilangnya gk relevan, polisi lebih sering pake kalimat: “Tebus di Kantor/Ambil SIM di kantor yg nanti di kantor bakal diajakin damai dan bayar di tempat bagi yg gk tau dikira bayar denda emang langsung sama tu polisi, padahal gk)

        Banyak polisi yg ngeles bahwa pokoknya Knalpot gk standar = tilang, biar pun suaranya sangat pelan dari standar sekali pun, tapi sebenarnya itu salah,,, polisi hanya nyari-nyari celah dari ketidak pastian peraturan mengenai knalpot racing ini,, dan itulah kenapa beda kota/daera beda cerita😀

        Prinsipnya padahal jelas, sesuatu yg gk jelas tidak bisa dijatuhi sangsi. Tapi prinsip rakyat sipil selalu salah, aparat selalu benar seakan mutlak, kalimat pamungkasnya adalah: “Mau melawan petugas ?”

        Kalo di kota ane sih ada dua kemungkinan,,, jika razia resmi = aman jika pakai DB Killer,,,,,, jika Rasia Ilegal dan/atau disuruh polisi stop saat di jalan = kemungkinan lolos jika kita kritis akan besar, jika tidak ya kena palak.

  12. WawanR15 berkata:

    Gan,,
    Pengguna R15 juga ya,,mau tnya dong,
    R15 ane pake knalpot M4GP ,sama busi BOSCH platinum-iridium UR2CI30,,
    Itu setting CO di + berapa..?
    Sekarang ane setting di CO+3,,tapi masih kurang,
    Masih ada gejala knockback dari knalpot,
    Bagusnya setting berapa MasBro…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s