REVIEW JURNAL : PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM BISNIS

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Nama:

Alfandy Sulaiman (50412602)

Ari Santoso (51412069)

Randy Aditya (56412001)

Reza Ramadhan (56412212)

Swandaru Adiananto (57412228)

KELAS : 4IA17

  1. Pendahuluan

Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di Internet cederung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importir, dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri.

  1. PENGGUNAAN INTERNET DALAM BISNIS

Akibat internet, pemasaran terhadap perusahaan, produk, dan pelayanan menjadi proses   yang   interaktif   saat   ini.   Situs   Web   perusahaan   bukan   hanya   sekedar menyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog, berdiskusi,   dan  berkonsultasi   dengan  konsumen   secara   On-line,   bulletin   boards, kuesioner   elektronik,   mailing   lists,   dan   pengiriman   surat   elektronik.   Sehingga konsumen dapat dilibatkan secara langsung dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk.

  1. PEMASARAN INTERAKTIF

Tujuan   dari   pemasaran   interaktif   adalah   untuk   memikat   dan   memelihara konsumen yang akan menjadi rekan bisnis dalam penciptaan, pembelian, dan pengembangan produk dan layanan. Konsumen tidak hanya sebagai peserta pasif yang menerima iklan sebelum membeli, melainkan konsumen diharapkan proaktif dan interaktif dalam pemasaran.

Proses   pemasaran   interaktif   meliputi   2  metode:   Push   dan   Pull   Marketing. Maksudnya adalah bahan pemasaran disajikan pada layar komputer konsumen menggunakan  teknologi    Push dan  Pull  Marketing.   Pull  Marketing  menyerahkan sepenuhnya  kepada  konsumen  yang  membutuhkan  informasi,  baik  melalui  internet atau  Web  menggunakan   Web  browser;  untuk  mencari,  membaca  atau  download informasi  dari  situs  Web  perusahaan.  Sedangkan  Push  Marketing  lebih menggantungkan pada  Software  Web  Broadcasters  atau  Net  Broadcasters

  1. KEUNTUNGAN

Aplikasi berdasarkan  internet  dapat  memberi  keunggulan  strategi  bisnis  untuk memenangkan kompetisi dalam: Global Dissemination, Interaction,  Customizationd, CollaborationElectronic Commerce, Integration

  1. ECOMMERCE

Pada abad  internet,  EC  bukan  hanya  sekedar  digunakan  untuk  membeli  dan menjual  produk  secara   Online.   EC  mengubah   proses   pengembangan,   pemasaran interaktif, penjualan, pemesanan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran produk dan jasa yang dibeli lewat internet secara on-line, juga komunikasi global konsumen secara virtual, menunjang jaringan rekan bisnis sedunia. Sistem EC bertumpu pada resources internet  dan jaringan  komputer  lain untuk  menunjang  setiap  langkah  dalam  proses tersebut di atas.

  1. PEMBAYARAN ELEKTRONIK DAN KEAMANANNYA

Sistem  Electronic  Funds  Transfer   (EFT)  adalah  bentuk  dari  sistem  EC  yang penting   dalam   per-bank-kan   dan   pedagang   eceran.   Sistem   EFT   menggunakan bermacam-macam  teknologi informasi untuk mendapatkan  dan memproses  uang dan transfer kredit antara bank dan konsumennya. Sebagai contoh: jaringan per-bank-kan mendukung kasir di bank dan Automated Teller machines (ATM). Bank mungkin juga mendukung  pelayanan  pembayaran  lewat telepon, yang mengijinkan  konsumen  bank untuk  menggunakan  telepon  konsumen  sebagai  terminal  untuk  membayar  rekening secara elektronik.  Sebagai  tambahan  wide  area  network  mungkin  menyambungkan terminal Point Of Sale toko penjual eceran dengan sistem EFT bank. Pasar ini memungkinkan  konsumen menggunakan  kartu debet/kredit untuk membayar, dalam rangka menunjang penjualan eceran.

  1. Kesimpulan

Internet  dalam bisnis dapat digunakan  bukan hanya sekedar  untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, dan  surat elektronik  saja.  Tapi  juga  bisa digunakan  untuk berdialog,  berdiskusi,  dan konsultasi  dengan konsumen  secara   on- line, bulletin boards, kuesioner elektronik,  mailing list. Sehingga konsumen dapat dilibatkan  secara proaktif dan interaktif  dalam perancangan,  pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Pemasaran lewat internet ada 2 metode, yaitu Push dan Pull Marketing.

Sumber : http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15666/15658

Tentang vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐,

penyuara opini
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s