setelah kemarin bahas vixion melulu kali ini giliran bahas satria FU dari pabrikan suzuki. naaah ini motor dateng pas akhir bulan november kemarin bro, tadinya mau ambil CB150 berhubung CB150 menurut saya ga ada spesialnya (selain DOHC 6 speed) dari vixion lama yang dirumah sudah bermetamorfosis jadi R15 abal abal.
yang pertama, satria ini mantab banget dengan berat sekitar 90 kg, motor ini sangat enak buat liak-liuk di dalam kota terbukti ketika saya minjem motor adik saya ini untuk dibawa ke kampus di depok yang kira kira jaraknya 25 km dari rumah. bro pasti tau lalu lintas depok kaya gimana apalagi sekarang yang sedang giat giatnya pemkot depok memperbaiki sarana jalan raya.
yang kedua dari segi performa, wah pokoknya siapa yang gatau superiornya mesin legendaris turunan suzuki FXR ini dengan power 16 HP, dan bobotnya yang kelewat ringan untuk mesin superior otomatis akselerasinya gila, malahan menurut saya lebih gila dari ninja 250 yang ada dirumah dulu. dibuktikan saat berboncengan dengan adik, dengan gampang si FU mencapai kecepatan 95 km/jam dan itu konstan.
yang terakhir ya dari kekurangannya. selain kelebihan yang ada, si FU mempunyai kekurangan diantaranya yaitu rantai kendor, susah dinyalakan di pagi hari (karbu), sering mati saat jalan pelan, ban standarnya yang suka kempes sendiri, jok yang sempit tentunya bikin pegal, mesin yang cepat panas.
kesimpulan
satria FU sangat enak dipakai dan tidak heran jika motor ini banyak yang pakai, dengan body yang slim ditambah mesinnya yang superior, mampu membelah kemacetan dengan mudah. dan saya pun berharap dengan bergantinya tahun, suzuki bisa mengganti sistem pengkabutan menjadi injeksi mungkin.
wih mantep deh kalo FU ada yg injeksi nnt https://brigade15.wordpress.com/2013/01/04/tentang-stang-jepit/
Bebas dari batuk batuk yang jelas 😀
FU yg ini emang msh suka batuk2?
Masih broooooo
untuk mengurangi panas mesin, bisa ganti pilot jetnya pake ukuran 15 atau 17,5. biar karbu gak mudah kotor dan tarikan lebih panjang, lepas saja selang pernapasan mesin yang menuju box filter udara. semoga bermanfaat.
Makasih bro, btw selangnya kalo dilepas bukannya bikin kotor ? Hehe
menurut saya kelemahan utama fu ada di kaki depannya, bergetar kalo dipake hard breaking
thanks infonya bro
jangan lupa ntu motor minumnya pertamax ya
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/motor-loe-konsumsi-premiummiskin.html?m=1
Always pertamak
kalo vs cbr150 gmana ya bang? hehe
secara spek dan pwr masih menang FU bro, tapi saya sendiri belum pernah tarik-tarikan sama CBR
wih, mantap..
-rantai kendor: memang penyakitnya. 😦 sering2 ngecek aja
-susah dinyalakan di pagi hari: sebelum nyalain diengkol posisi kontak mati, 3x tanpa tarik cuk/choke, 3x tarik choke. dijamin jreng.. 😎
-sering mati saat jalan pelan: setingan karbunya itu bro, belum pas. biasanya setingan dealer yg agak ngawur. coba diseting sendiri. dikasih 1,5 putaran ke kiri. 🙂
-ban standarnya yang suka kempes sendiri: memang gitu.. kayaknya pengaruh bahan pelek. sering2 cek angin aja. 🙂
-jok yang sempit tentunya bikin pegal: dimodif ke tukang jok, tambah busa.
-mesin yang cepat panas: memang. 😆 kena kaki maknyuss…
thanks sarannya:D !
🙂
siap..
😀
nambahin gan, yang bikin susah itu karna sistem aho…
terus teknik gampangnya pake oli 10w-40, kontak on > choke 3-5 detik > starter (tanpa gas) 🙂
Saya sudah beli saklar 😀 tinggal dipasang heehe
ayam jago ajib nih
fu pas buat lari-lari kecil di kota yah…
bener banget bro
kalau untuk lari beneran pake apa donk
hayaaaaaah
Kali ini saya ingin berbagi ke Brow para FuHolic, tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis. Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan penyetelan klep pada satria f150.
thnx bro 😀
emang fu pake setelan klep? orang pakenya sistem shim gitu bro kayak cbr series sama mobil2 suzuki sama beberapa mobil toyota.
enaknya fu tuh ga pusing setel2 klep. kalo shimnya udah tipis terus bikin mesin berisik baru diganti shim tappetnya. tapi biasanya pas 40rb an km sih baru mulai aus 😀