jump to navigation

pengen nanya, kenapa ga boleh langsung matiin motor kalo kipas radiator masih nyala? 15 Juni 2011

Posted by vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, in honda, kawasaki, otomotif, yamaha.
Tags: , , , , , ,
trackback

Banyak motor motor beradiator yang diproduksi oleh atpm di indonesia. Seperti ninja, cbr, vixion, vario, cs1, pcx dan lain-lain.

Cuma saya pengen nanya nih, waktu saya lagi manasin mobil kan kipas radiatornya nyala pas saya matiin di kasih tau sama tetangga kalo pas kipasnya nyala ga boleh langsung dimatiin….terus saya nanya, berlaku juga ga tuh di motor, ternyata berlaku juga cuma kalo motor bisa di cut engine.Terus di blognya yvc-f yg ngebahas tentang aho wanna be gitu juga bro….

Kenapa sih kita ga boleh matiin motor pas kipas radiatornya nyala?

About these ads

Komentar»

1. Taufik - 15 Juni 2011

ninja, vixi saya matiin aja mas walau kipasnya nyala . .. jadi nggak boleh tho?

daru vixionr15 - 15 Juni 2011

Wah masih menunggu suhu suhunya xixixi

2. Hourex150L - 15 Juni 2011

tanda mesin masih terlalu Panas Paling Bro..

PISS..

3. dolanclinick SP rider - 15 Juni 2011

shogun lum punya radiator

4. dolanclinick SP rider - 15 Juni 2011
5. demungan - 15 Juni 2011

Hoax tuh. Ga ngaruh apa2 kaleeee. Parah yang nyebar isyu.

daru vixionr15 - 15 Juni 2011

Makanya aye nanya :P

demungan - 15 Juni 2011

Kipas itu kan muter krn diorder termostat secara elektrik. Secara teknis ga ada pengaruhya ke mesin. Mungkin maksute biar aki nggak tekor. Lha emangnya kipas muternya sbrp lama? Klo muternya 2 hari nonstop (dlm keadaan mesin matek) masuk akal klo aki tekor.
Ini mah teori baheula jadul,absolutely hoax mas xixixixi…

daru vixionr15 - 15 Juni 2011

Jadi hoax nih :?

demungan - 16 Juni 2011

Hoax mas. Jamin aman deh. Aplg klo motor panjenengan pke aki kering. Wis jaminan aman lancar jaya sejahtera sentosa luar biasa mas,heheheheh
Bukan berarti pke aki basah pengaruh. Ndak juga. Aman lah pokok’e mas.

daru vixionr15 - 16 Juni 2011

Okaaaay ;) hehe

6. Othonx - 15 Juni 2011
daru vixionr15 - 15 Juni 2011

:D

7. NanaRedPr☺ - 15 Juni 2011

byar aki gak cepet tekor kalee
SALAM KARET BUNDAR™

8. kangmase - 15 Juni 2011

ra mudeng

daru vixionr15 - 15 Juni 2011

Podo

9. a.s - 15 Juni 2011

tandanya air yg bersikulasi masih overheat. Kalau langsung di matiin kan ga bisa di dinginkan sama kipas. Lebih baik di idle dulu sampe ga overheat.

demungan - 16 Juni 2011

Lho emangnya klo di vixi saat kipas aktif kontak di matiin kipas ikut mati? Setau ane klo ada mesin yang udah pke radiator elektrik kipas nggak ikut kontak, tapi ikut termostat. Pasokan listriknya langsung gak ikut kontak.

10. TreeSanjaya - 16 Juni 2011

matiin aja broo .. Asalkan SUHU DI TEMPAT PARKIR motor bro suhunya tidak PANAS . ( minimal tempat teduh )

daru vixionr15 - 16 Juni 2011

Oh gitu toh

11. triclaksono - 16 Juni 2011

kalo kipas projektor iya, sebelum lampunya dingin, jangan dimatikan kipasnya (dicabut arus listriknya) :)

12. Virus - 16 Juni 2011

dimatikan aja aman kok, nama ny panas mesin yg disalurkan didalam radiator ya wajar ketika suhu tinggi kipas radiator auto nyala…nah ketika udah sampe tempat tujuan kan mesin udah gk beban lg…walau kipas masih muter pertanda suhu mesin msih tinggi…matiin aja seiring waktu saat berhenti kan suhu mesin turun normal…

13. cahayasubbuh - 17 Juli 2012

setau saya sih kipas radiator itu fungsinya meminimalisir panas mesin (meskipun ngga mendinginkan total)..
CMIIW..

saya juga kalo lagi riding jauh pake vixion kipas radiatornya nyala. di biarin aja, paling lama 2 menit. mesin jd dingin lg ± stngah jam..

kadang juga langsung di matiin.. tapi ga ada pengaruh apa2 ko’,, cuma mesin dingin’nya ±1jam..

sumber: prngalaman sendiri

14. BheZo - 17 Agustus 2012

motor vixi tidak boleh langsung dimatikan pada saat kipas radiator sedang berjalan karena ………
vixion sudah memiliki sensor suhu yg diatur oleh termostat dan lari ke ECU ( electronic control unit ) nah pada initinya bila langsung dimatikan begitu saja maka sensor yg sedang bekerja tiba” mati dan akan merusak sensor kipas bahkan sensor di ECU juga…

contoh saja pada komputer.. bila sedang nyala kita harus shutdown dulu bukan ?? tidak langsung di matikan atau dicabut.. bila komputer sedang menyala tiba” dimatikan listrik maka akan merusak mainboard atau hardisk.

prinsipnya seperti gitu..

nah pada vixi.. kerusakan sensor ini biasanya 25 % bila dimatikan secara mendadak… jadi bila agan” semua kipas sedang berputar dan langsung mematikan maka saya rasa aman” saja :D
lebih baik si didiamkan saja sampai suhu normal terbaca oleh sensor radiator dan akan mati sendiri secara baik. lalu deh matikan motor :D

15. ryan - 26 Oktober 2013

ada yg tau radiator vixion mati total?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.449 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: